Total Tayangan Halaman

Resep Makanan Batak

C A R I

Jumat, 04 Februari 2011

Jangan Berpacu Jadi PNS ... !!!

MEDAN - Generasi muda saat ini diharapkan tak termotivasi hanya menjadi PNS setelah tamat kuliah, tapi diharapkan lebih mandiri.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sumut H Syariful Mahya Bandar mengatakan, anak muda yang bersemangat hendaknya tidak menjadikan karir pegawai negeri sipil sebagai pilihan. “Jangan terlalu bergantung pada ketersediaan formasi CPNS yang disiapkan pemerintah. Ini akan mengajarkan mereka menjadi malas alias tak mandiri,” ungkapnya kepada wartawan, Selasa (14/12).

Lebih lanjut Mahya menjelaskan, para lulusan perguruan tinggi harus lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan dan kehidupan baik untuk masyarakat maupun diri sendiri. “Upaya ini perlu dilakukan agar para lulusan perguruan tinggi tak bergantung pada ketersediaan jumlah formasi penerimaan CPNS yang jumlahnya terbatas,” katanya.
Menurut Mahya, kehidupan mandiri dilakukan dengan menciptakan lapangan usaha. “Berwirausaha misalnya, hal ini juga sangat membantu bagi oranglain, karena kita tak hanya menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri, tapi juga bagi masyarakat banyak,” tuturnya.

Jika semua lulusan mengharapkan jadi PNS, sambungnya, maka hal ini tak akan bisa diakomodir seluruhnya oleh pemerintah, termasuk Kementerian Agama yang juga membutuhkan calon baru-baru ini. “Saya berharap, berbagai perguruan tinggi keagamaan maupun umum, dapat memfasilitasi mahasiswa dengan keahlian atau kecakapan hidup alias entrepreneurship. Jadi begitu mereka tamat, mereka bisa menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dan jika bisa lebih luas untuk masyarakat di sekitarnya,” harapnya.



- Disadur dari Harian SUMUT POS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar